Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 26 November 2012

Gaya Klasik Tak Lekang Waktu

detail berita
Ruang tamu bergaya klasik (Foto: Eclecticrevisited)
JAKARTA-Sejak dulu hingga kini, gaya interior klasik sangat disukai. Gaya klasik memang bisa dikatakan abadi sepanjang masa. Selain menawarkan keindahan, gaya ini juga banyak menyimpan cerita tentang Anda sebagai pemilik rumah.

Perabotan yang kaya ukiran dan aksesori, seperti patung, pilar, dekorasi dinding, plafon, dan lantai merupakan elemen yang dapat membentuk gaya klasik di dalam ruangan.

Menurut desainer interior Denny Setiawan, gaya klasik dari masa ke masa selalu memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Bahkan, Denny memperkirakan, gaya ini akan kembali menjadi tren di ranah desain interior dunia.

Kita tahu, di sejumlah negara, gaya klasik selalu mendapat perhatian khusus. Di samping memunculkan keindahan, jenis gaya desain ini juga bisa menggambarkan tingginya nilai budaya suatu bangsa.

Memang ada banyak hal yang harus dipertimbangkan demi mendapatkan hunian indah dan nyaman. Salah satunya dengan menyesuaikan gaya hidup dengan fungsi rumah. Begitu juga dalam menata interior bergaya klasik.

Untuk membuat kesan klasik semakin hidup, Anda harus memperhatikan penataan perabotannya. Meski perabotan bisa menjadi elemen utama untuk memperkuat kesan klasik, Anda juga harus memperhatikan aksesori pelengkap yang lain.

Misalnya desain pembentuk ruang interior atau menciptakan ambience ruangan secara keseluruhan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mendekorasi dinding, plafon, dan lantai.

"Kalau penataan furniturnya sudah pas, otomatis kesan klasik bisa dihadirkan. Furnitur dan aksesori pendukung memiliki kekuatan khas yang bisa saling bersinergi dalam menciptakan sebuah gaya," kata Denny.

Jika semua elemen pendukung tersebut bisa ditata dengan baik, pasti tatanan interior klasik di rumah akan menjadi semakin nyata.

Wallpaper bermotif floral atau sulur bisa menjadi salah satu penanda ruangan bergaya klasik. Bila Anda tidak ingin berkesan penuh, wallpaper ini dapat diaplikasikan di salah satu bidang dinding atau membagi bidang dindingnya secara horisontal.

"Wallpaper dengan warna cokelat atau keemasan merupakan pilihan yang pas karena kedua warna tersebut mampu memberikan kesan klasik yang sangat kuat. Selain wallpaper, batu alam atau marmer juga masih pas kalau digunakan," papar Denny.

Seperti kebanyakan bahan lain yang digunakan dalam ruang bergaya klasik, bahan kain untuk dekorasi gorden atau pembungkus sofa juga harus bersahaja.

Dekorasi yang bisa dipakai untuk mendukung interior bertema klasik adalah lukisan dengan bingkai penuh ukiran, vas bunga besar, dan lampu gantung kristal besar yang dapat memberikan sentuhan mewah.

"Gaya klasik tidak pernah menghilang dari peredaran karena gaya ini abadi dan selalu bisa digunakan dari masa ke masa," ujar Denny.

Gaya klasik memiliki beberapa jenis atau turunan gaya yang masing-masing mengandung sejarah tersendiri, serta ciri khas yang dapat membedakan antara gaya klasik satu dengan yang lain, yaitu simple beauty, simple elegan, extravaganza, semi klasik, dan klasik eklektik.

Satu lagi yang menjadi ciri khas gaya klasik, yakni tampilan ornamen berukuran besar. Selain itu, bahan yang digunakan untuk furnitur, kitchen set, meja, kursi, dan sofa lebih banyak menggunakan kayu solid sehingga membuat interior bertema klasik sangat mahal harganya, sekaligus tahan lama.

Warna-warna yang digunakan pada desain interior klasik sering terinspirasi dari warna alam. Warna cokelat kayu, kuning emas, hijau daun, dan warna tanah sering mengisi sudut-sudut ruang yang mengusung tema klasik.

Sumber

Apartemen Dijual Grand Pakubuwono

Contact : Mia 081314294769 
Pin:  23B82EBE 
Esia 02194287310
Email pribadi : chiang_leey@yahoo.com
Alamat : Jl Ciledug raya No 99b Kebayoran Lama Jaksel



0 komentar:

Posting Komentar