Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 26 November 2012

Lebih Sejuk di Kamar Mandi Bernuansa Alami

detail berita
Kamar mandi alami (Foto: interiorarchi)
JAKARTA - Elemen alami seperti kayu dan batu diaplikasikan di kamar mandi. Elemen tersebut umum diterapkan di kamar mandi yang mengusung konsep natural. Konsep ini bisa menjadikan ruang membasuh diri berkesan sejuk.

Bosan dengan konsep kamar mandi yang ada? Kamar mandi alam mungkin bisa menjadi alternatif desain yang Anda pilih. Selain lebih segar dan alami, dalam beberapa waktu, Anda juga akan merasa seperti dibawa ke suasana pedesaan nan sejuk.

Dewasa ini kamar mandi tidak melulu ditampilkan dengan desain konvensional. Banyak kreasi bisa diciptakan untuk menambah sensasi tak terlupakan di dalamnya. Desain alam dengan menggunakan elemen batu plus tanaman hidup yang dibiarkan tumbuh subur dapat memunculkan kesan asri di kamar mandi.

Benda-benda yang digunakan sebagai ornamen bukan hanya mampu menyejukkan mata, juga dapat merangsang indra lain. Misalnya dengan mendengar suara gemericik air, atau telapak kaki yang merasakan kasarnya lantai yang terbuat dari batu alam.

"Desain kamar mandi bernuansa alam pedesaan sebenarnya sudah banyak diterapkan dengan memanfaatkan bukaan yang lebar untuk lebih memfungsikan pencahayaan dan memasukkan unsur warna yang berasal dari pepohonan," kata arsitek Rizky Artando.

Kalau saat ini Anda sedang mulai mendesain kamar mandi dengan nuansa alam, hal utama yang harus diperhatikan adalah jenis materialnya.

"Yang dibutuhkan untuk memberi kesan alami di kamar mandi adalah penambahan batu koral atau batu alam yang digunakan sebagai lantai kamar mandi. Selain itu bisa dijadikan penghias dinding," papar Rizky.

Biasanya kamar mandi dengan nuansa alami kerap menggunakan bak mandi kayu atau shower yang dikreasikan seperti air terjun buatan. Jika Anda ingin menggunakan shower, sebaiknya gunakan shower konvensional yang tidak mengeluarkan air terlalu deras. Oleh sebab itu, shower khusus ini sangat tepat digunakan untuk desain kamar mandi bertema alami.

Selain penggunaan batu alam dan pemilihan shower untuk menambah kesan alami, ornamen lain yang dapat Anda gunakan, yaitu dahan kayu yang bisa dikreasikan sebagai gantungan handuk atau baju di dalam kamar mandi.

Penambahan peralatan kamar mandi lain juga harus mendapatkan perhatian tersendiri. Seperti wastafel, keran, bak mandi, semua dapat mengambil inspirasi dari desain alam. "Peralatan yang terbuat dari bahan tanah liat, umumnya lebih sering ditambahkan di dalam kamar mandi dengan nuansa alam," imbuh Rizky.

Bila Anda menginginkan kesan yang lebih kuat di dalamnya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba memberikan sentuhan pajangan binatang atau dengan memainkan pencahayaan yang menambah kesan soft dan romantis di kamar mandi alam.

Tidak jarang kamar mandi dengan latar alam ini dihadirkan dengan nuansa yang sedikit terbuka, yaitu tidak menggunakan penutup di atap kamar mandi. Konsep ini memang cukup unik, terlebih lagi kesan terbuka dan natural dapat langsung dirasakan.

"Inti dari pembuatan kamar mandi dengan konsep alam adalah, yang harus diperhatikan,ya materialnya. Usahakan memilih material yang tahan terhadap air dan mudah dibersihkan," ujar Rizky.

Bila kembali pada penggunaan material, penggunaan batu alam yang diberi coating merupakan pilihan yang tepat untuk menghadirkan sensasi alami.

Hal ini sesuai karena memang batu berasal dari alam. Hanya, yang harus diperhatikan untuk kamar mandi alam dengan konsep atap terbuka adalah kemungkinan terjadinya hujan.

"Cara menyiasati hal ini, yakni dengan mempertimbangkan jarak area kamar mandi dengan area terbuka sekitar 60 cm," kata Rizky. Selain penggunaan beberapa material dan ornamen, cahaya dan warna dalam kamar mandi juga harus diperhatikan.

"Biasanya penggunaan cahaya pada konsep kamar mandi alam tidak terlalu mencolok. Lampu jenis soft tone bisa dipilih untuk memberikan penekanan ornamen di kamar mandi," tutur Rizky.

Warna yang sering dipakai di kamar mandi alami cenderung warna-warna monokrom, seperti hijau dan cokelat. Elemen semisal kayu dan batu selalu ditonjolkan dengan bentuk yang alamiah,dalam arti tanpa menggunakan polesan.

"Kamar mandi dengan unsur alam ini, biasanya menggunakan warna merah marun atau cokelat," sebut Rizky.

Sumber

Apartemen Dijual Grand Pakubuwono

Contact : Mia 081314294769 
Pin:  23B82EBE 
Esia 02194287310
Email pribadi : chiang_leey@yahoo.com
Alamat : Jl Ciledug raya No 99b Kebayoran Lama Jaksel




0 komentar:

Posting Komentar