Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 26 November 2012

Mau Investasi Kondotel? Kenali Dulu Plus Minusnya

detail berita
Ilustrasi
JAKARTA - Belakangan pembangunan properti sektor kondominium hotel (kondotel) tumbuh subur, baik di Jakarta maupun luar Jakarta, seperti Bali dan Yogyakarta.

Khusus di Bali, kalangan pengembang menilai potensi pariwisata yang tinggi akan memberi dampak positif pada iklim investasi kondotel.

Jika Anda pun termasuk orang yang mulai tertarik dengan investasi kondotel, maka tidak ada salahnya Anda mengetahui sedikit paparan mengenai keunggulan dan kelemahan dari sektor properti ini.

Project Marketing Advisor Tony Eddy mengatakan, keunggulan investasi kondotel bisa dibandingkan dengan investasi properti lain, seperti apartemen.

1. Kalau punya apartemen, kosong tetap harus bayar service charge. Kemudian untuk dipake sendiri susah apabila sudah disewakan ke pihak lain.

"Di kondotel sudah tidak ada masalah seperti itu, terus kita boleh pakai kamar milik orang, karena sama smua. Kalau kita dapat poin nginap 21 kali artinya bisa nginap di 21 kamar sekali nginap," jelas Tony saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, belum lama ini.

2. Untuk sewa-menyewa unit kondotel seluruhnya diserahkan kepada operator hotel. "Kita udah gak mikir lagi mau disewain ke siapa. Juga gak perlu pakai broker," imbuh dia.

Selain itu, menurut Tony, akan lebih menguntungkan untuk berinvestasi pada kondotel yang dijual dengan status hak milik (freehold).

"Hak milik lebih menguntungkan lagi, karena dimilikin seumur hidup, termasuk tanahnya. Kalau sewa nilainya akan menurun terus," ungkap President Director Tony Eddy & Associates ini.

Namun, menurut dia, investasi di bidang kondotel juga memiliki sisi kekurangan (minus)-nya.

Kondotel tidak bisa diubah fungsi menjadi hunian tetap, karena itu sejak awal dipilih harus memperhatikan siapa operator hotel yang dipilih pengembang. 

"Kalau operator hotel gak karu-karuan, kemudian operasional hotelnya tidak berjalan dengan baik, maka akan merugikan. Seban kondotel enggak bisa kita minta jadikan tempat hunian saja. Dia akan terus menjadi kondotel," ujarnya.

Sumber

Apartemen Dijual Grand Pakubuwono

Contact : Mia 081314294769 
Pin:  23B82EBE 
Esia 02194287310
Email pribadi : chiang_leey@yahoo.com
Alamat : Jl Ciledug raya No 99b Kebayoran Lama Jaksel



0 komentar:

Posting Komentar