Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 25 Oktober 2012

Bambu, Material Alami yang Tahan Seumur Hidup

detail berita
Rumah Bambu di Desa Hijau, Bali (foto: inhabitat)
JAKARTA - Green Vilage atau Desa Hijau di Bali adalah sebuah komunitas yang terdiri dari rumah-rumah cantik natural yang keseluruhannya dibangun menggunakan material bambu.

Desa Hijau tersebut dirancang oleh biro desain Ibuku dengan cara yang hampir sama dengan sebuah Sekolah Hijau yang letaknya berdekatan. Bangunan yang dihasilkan sangat unik dengan genteng bambu dan kanopi jerami.

Meterial bambu sangat dominan dipakai, mulai dari eksterior hingga interior rumah, seperti pada dinding, tangga, lantai dan seluruh perabotannya. Fleksibilitas bambu memudahkan untuk dibuat menjadi berbagai macam bentuk.

Desainer sekaligus CEO Ibuku, Elora Hardy mengemukakan alasan mengapa bambu dijadikan pilihan utama bahan bangunan. "Bahkan kayu yang sustainable sekalipun tidak bisa dibandingkan dengan bambu sebagai bahan bangunan yang sangat pas dan kuat," jelasnya, seperti dikutip laman Inhabitat, Kamis (25/10/2012).

Meskipun sumbernya sedikit, namun rangkaian batangan bambu pada sebuah bangunan rumah bisa bertahan seumur hidup. Seluruh material bambu yang digunakan bersumber dari bahan lokal dan dibangun dengan teknis tradisional. Dikelilingi lansekap alam dan sungai sakeral Bali, yakni Sungai Ayung, semakin menyempurnakan keindahan desa.

Desa Hijau ini dibangun sejak 2010 lalu dan terus berlangsung hingga kini dengan tambahan tiga bangunan rumah fantastis yang juga siap disewakan.

Sumber

Contact : Mia 081314294769 
Pin:  23B82EBE 
Esia 02194287310
Email pribadi : chiang_leey@yahoo.com
Alamat : Jl Ciledug raya No 99b Kebayoran Lama Jaksel

0 komentar:

Posting Komentar